Selasa, 22 November 2011

PETA KHUSUS DAN PETA UMUM

Dibawah dapat dilihat contoh peta khusus dengan menggunakan persebaran ikan di seluruh perairan di indonesia.
 
Gambar diatas adalah contoh peta khusus yang menggambarkan persebaran ikan di seluruh perairan pulau indonesia, dan deskripsi dari peta khusus itu sendiri adalah peta yang menampakkan suatu keadaan atau kondisi khusus suatu daerah tertentu atau keseluruhan daerah bumi. Contohnya adalah peta persebaran hasil tambang, peta curah hujan, peta pertanian perkebunan, peta iklim, dan lain sebagainya.
Kemudian dibawah ini adalah contoh gambar peta umum dengan menjelaskan letak wilayah indonesia, perbatasan indonesia dengan negara lain, serta menunjukan letak ibukota negara dan kota provinsi disetiap region di indonesia.


 Gambar diatas sebagai contoh peta umum yang menggambarkan batas-batas wilayah indonesia serta letak Ibukota provinsi di seluruh pulau di indonesia, dan pengertian peta umum itu sendiri adalah, peta yang manampilkan bentuk fisik permukaan bumi suatu wilayah. Contoh : Peta jalan, teritori sebuah wilayah, dll.

Jenis Skala Pada Peta
Pengertian atau definisi : Skala peta adalah perbandingan jarak di peta dengan jarak sesungguhnya dengan satuan atau tehnik tertentu.
1. Skala angka / skala pecahan
Contohnya seperti 1 : 1000 yang berarti 1 cm di peta sama dengan 1000 cm jarak aslinya di dunia nyata.
2. Skala Satuan
Misalnya seperti 1 inchi to 5 miles dengan arti 1 inch di peta adalah sama dengan 5 mil pada jarak sebenarnya.
3. Skala Garis
Skala garis menampilkan suatu garis dengan beberapa satuan jarak yang menyatakan suatu jarak pada tiap satuan jarak yang ada.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar